Rental Mobil Solo Mudahkan Kunjungan ke Masjid Pura Mangkunegaran

Daftar harga rental mobil Solo mudah dan murah. Solo mempunyai beberapa masjid yang menjadi daya tarik banyak orang untuk beribadah dan juga menikmati nuansa yang ada disana. Salah satunya adalah sebuah masjid yang berada di Kecamatan Banjarsari, tepatnya masjid yang masih berada di kawasan Pura Mangkunegaran. Hal menarik dari masjid yang satu ini adalah ukiran kaligrafi yang dapat ditemukan di sekitar area masjid. Kaligrafi yang diukir dengan indah dapat Anda lihat mula dari pintu masuk masjid bahkan sampai ke bagian dalam.

Untuk bisa sampai ke tempat tersebut cukup mudah. Anda bisa menggunakan penyewaan kendaraan dengan melihat info daftar harga rental mobil Solo terlebih dahulu. Adapun nama dari masjid yang berada di kawasan Pura Mangkunegaran ini adalah Masjid Al-Wustho. Seperti yang sudah disinggung di atas, lokasinya berdekatan dengan pura Mangkunegaran. Anda bisa berjalan kaki dari pura menuju ke masjid. Namun jika tidak ingin repot, gunakan jasa sewa mobil Solo murah.

Adapun keunggulan dari menggunakan jasa penyewaan mobil seperti ini adalah lebih menghemat waktu berharga Anda. Juga lebih efektif untuk pergi ke mana saja sesuai dengan keinginan sehingga perjalanan menjadi jauh lebih menyenangkan. Masjid ini memang tidak berumur ratusan tahun seperti halnya masjid yang berada di Keraton Kasunanan Solo. Meski demikian, Masjid Al-Wustho juga memiliki sejarah yang tak kalah menarik. Masjid yang satu ini dibangun pada abad ke-20 yaitu ketika masa pemerintahan Raja Mangkunegara IV.

Pada mulanya masjid ini hanya diperuntukkan untuk kalangan keluarga kerajaan yang ada di Pura Mangkunegaran. Akan tetapi kemudian masjid dibuka untuk setiap kalangan. Nama al-Wustho sendiri disematkan pada masjid ini pada tahun 1949. Pembangunan masjid yang bersejarah ini turut memakai jasa arsitek asal Prancis. Status yang diembannya sebagai masjid keraton membuat masjid Al-Wustho memiliki luas yang cukup besar. Luasnya mencapai 4.200 meter persegi. Selain itu, halaman masjid juga dipenuhi oleh pepohonan yang rindang.

Masjid dikelilingi oleh pagar tebal yang memiliki motif pada kepala gapura dengan keliling sepanjang 260 meter. Tembok ini membuat masjid ini nampak sedap dipandang. Sepanjang mata memandang, di sekitar gapura, jendela, pintu masuk serta tiang utama, kaligrafi berupa hadist serta ayat al-Qur’an dapat disaksikan oleh orang yang memasuki area masjid. Ini merupakan suatu kekhasan yang unik dari masjid ini.

Bagian dari masjid pada bagian dalam antara lain adalah ruang shalat, serambi, maligin dan pawastren. Kemudian ada juga kantor pengurus masjid, markis serta menara. Ukuran dri ruang sholat adalah 24 m x 22 m dengan 4 tiang utama serta 12 penyangga pembantu. Pada mimbar terdapat ukiran yakni khas Matraman. Serambi di masjid Al-Wustho ada sejumlah 18. Jumlah ini untuk menggambarkan sumur dari Mangkunagara I (Raden Mas Said) yang jumlahnya 18.  Ada pula bangunan Maligin yang dipergunakan sebagai tempat untuk melakukan khitan.

Awalnya tempat ini terbatas untuk kerabat Mangkunagaran. Namun kini digunakan sebagai khitanan untuk umum. Lalu ada pawastren yang dipergunakan oleh para wanita untuk sholat. Banyak hal menarik yang dapat kita temui di dalam kawasan masjid Al-Wustho ini. Mulai dari beragam kaligrafi yang memberikan kita pemahaman dan pelajaran berupa nukilan ayat dan hadits hingga arsitektur serta bangunan yang memanjakan mata dan menyejukkan hati. Apabila Anda sudah tidak sabar untuk pergi beribadah ke masjid ini, segeralah sewa mobil Solo untuk meningkatkan kenyamanan dalam bepergian.

Rental mobil Solo akan sangat membantu serta memudahkan Anda ketika akan bepergian ke tempat-tempat menarik di Solo seperti halnya masjid Pura Mangkunegaran ini.