Rekomendasi Kuliner Khas Raja Ampat Yang Dapat Anda Coba

Tidak hanya dapat menikmati keindahan pemandangan alam dan bawah lautnya saja,anda juga dapat menikmati beragam kuliner khas raja ampat yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat yang pastinya tidak boleh anda lewatkan. Seperti yang anda ketahui, makanan pokok di papua antara lain berupa nasi, sagu, dan ubi yang dipisahkan dari hidangan ayam, laut, ataupun daging babi. Kuliner-kuliner di raja ampat ini berbeda dari daerah-daerah lainnya dan bahkan sulit anda temui di kota asal anda. Salah satu makanan khas dari Raja Ampat yang cukup terkenal adalah Ikan Bakar Manokwari. Meskipun terdapat di kota-kota besar, namun cita rasa ikan bakar di Raja Ampat ini jelas sangat berbeda. Kuliner ini sangat digemari baik oleh wisatwan lokal hingga wisatawan asing. Jenis ikan yang biasa nya digunakan adalah ikan tongkol. Kuliner pedas ini sangat direkomendasikan untuk anda santap ketika berlibur di Raja Ampat.

Rekomendasi kuliner khas Raja Ampat lainnya yang bisa anda coba adalah sate ulat sagu. Seperti yang anda ketahui, ulat sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat papua selain beras. Mungkin beberapa diantara anda belum terbiasa dengan makanan yang satu ini. Namun makanan ini tidak kalah enaknya dibandingkan dengan kuliner sate yang menggunakan bahan daging ayam ataupun daging kambing. Ulat sagu didapatkan masyarakat dari batang pohon sagu yang sudah lapuk dan tua. Biasanya ulat sagu diolah dengan cara dibakar dengan menggunakan tusuk menyerupai sate. Anda dapat mencoba kuliner unik ini ketika anda sedang berlibur ke Raja Ampat.

Ikan bungkus khas papua juga menadi salah satu kuliner khas Raja Ampat yang patut anda coba. Sekilas bentuknya mirip dengan ikan pepes dan resep yang digunakan pun hampir sama. Hanya saja yang membedakan adala bahan dasar untuk membuatnya. Untuk ikan bungkus khas papua ini menggunakan jenis ikan laut untuk membuatnya. Selain itu, bumbu yang digunakan juga sedikit lebih beragam dengan menggunakan sedikit tambahan daun salam untuk membungkusnya.

Kuliner khas Raja Ampat lainnya yang perlu anda coba adalah Mumu. Nama kuliner ini diambil dari tempat memasak warga sekitar sana. Kuliner ini mengkombinasikan daging babi, ubi manis, sayuran, dan juga nasi. Mumu dimasak diatas batu yang panas. Karena sebagian besar warga disana muslim, akhirnya mereka mengganti menu tersebut dengan menggunakan daging ayam. Adapula Barepan Ayam ala Walesi sebagai kuliner khas raja ampat. Nama Walesi diambil dari salah satu nama suku yang terdapat di Wamena. Nah itu tadi beberapa kuliner khas yang terdapat di raja ampat yang patut anda coba ketika berkunjung kesana.