Menilai Berat Badan Dan Risiko Kesehatan Anda

Menilai Berat Badan Dan Risiko Kesehatan Anda

Penilaian risiko berat badan dan kesehatan melibatkan penggunaan tiga langkah utama:

  • Indeks Massa Tubuh
  • Lingkar pinggang
  • Faktor risiko penyakit dan kondisi yang berhubungan dengan obesitas
  • Indeks Massa Tubuh

BMI adalah ukuran kelebihan berat badan dan obesitas yang bermanfaat. Ini dihitung dari tinggi dan berat badan Anda. BMI adalah perkiraan lemak tubuh dan ukuran risiko Anda untuk penyakit yang bisa terjadi dengan lebih banyak lemak tubuh. Semakin tinggi BMI Anda, semakin tinggi risiko Anda terhadap penyakit tertentu seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, batu empedu, masalah pernapasan, dan kanker tertentu. Obat Jantung Bocor

Meskipun BMI dapat digunakan untuk kebanyakan pria dan wanita, namun memiliki beberapa batasan:

Ini bisa melebih-lebihkan lemak tubuh pada atlit dan orang lain yang memiliki otot.

Ini mungkin meremehkan lemak tubuh pada orang tua dan orang lain yang telah kehilangan otot.

Gunakan Kalkulator BMI atau Tabel BMI untuk memperkirakan lemak tubuh Anda. Skor BMI berarti sebagai berikut:

 BMI

Underweight

Di bawah 18,5

Normal

18.5-24.9

Kegemukan

25.0-29.9

Kegemukan

30.0 dan diatas

Lingkar Pinggang

Mengukur lingkar pinggang membantu menyaring kemungkinan risiko kesehatan yang datang dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Jika sebagian besar lemak Anda ada di sekitar pinggang Anda dan bukan di pinggul Anda, Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Resiko ini naik dengan ukuran pinggang yang lebih besar dari 35 inci untuk wanita atau lebih dari 40 inci untuk pria. Untuk mengukur pinggang dengan benar, tahan dan letakkan pita pengukur di sekitar tengah Anda, tepat di atas tulang pinggul Anda. Ukur pinggang Anda tepat setelah Anda bernapas.

Tabel Risiko Penyakit Obesitas-Associated oleh Lingkaran BMI dan Pinggang memberi Anda gambaran apakah BMI Anda dikombinasikan dengan lingkar pinggang Anda meningkatkan risiko Anda terkena penyakit atau kondisi terkait obesitas.

Faktor Risiko untuk Topik Kesehatan Terkait dengan Obesitas

Seiring dengan kelebihan berat badan atau obesitas, kondisi berikut akan memberi Anda risiko penyakit jantung dan kondisi lain yang lebih besar:

Faktor risiko

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kolesterol LDL tinggi (kolesterol jahat)
  • Kolesterol HDL rendah (kolesterol “baik”)
  • Trigliserida tinggi
  • Glukosa darah tinggi (gula)
  • Riwayat keluarga penyakit jantung prematur
  • Tidak aktif secara fisik
  • Merokok

Bagi orang yang dianggap obesitas (BMI lebih dari atau sama dengan 30) atau mereka yang kelebihan berat badan (BMI 25 sampai 29,9) dan memiliki dua atau lebih faktor risiko, disarankan agar Anda menurunkan berat badan. Bahkan penurunan berat badan yang kecil (antara 5 dan 10 persen dari berat badan Anda saat ini) akan membantu menurunkan risiko Anda terkena penyakit yang berkaitan dengan obesitas. Orang yang kelebihan berat badan, tidak memiliki ukuran pinggang yang tinggi, dan memiliki lebih sedikit dari dua faktor risiko yang mungkin perlu untuk mencegah kenaikan berat badan lebih lanjut daripada menurunkan berat badan.

Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda berisiko tinggi dan apakah Anda harus menurunkan berat badan. Dokter Anda akan mengevaluasi BMI, pengukuran pinggang, dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.Kabar baiknya bahkan ada penurunan berat badan yang kecil (antara 5 dan 10 persen dari berat badan Anda saat ini) akan membantu menurunkan risiko Anda terkena penyakit tersebut.