Mengenal Ritual Maupun Prosesi Lamaran Adat Sunda

Setiap daerah pastinya memiliki adat maupun tradisi tersendiri saat melakukan prosesi lamaran. Adatnya memang tidak kalah unik dengan bangsa lain yang berada di Indonesia. Meskipun zaman sudah semakin modern dan juga canggih namun orang Sunda masih tetap menjunjung tinggi adat mereka. Yang namanya adat memang harus dilestarikan hingga kini. Sama halnya dengan daerah yang lainnya, di saat melamar biasanya pihak dari keluarga pria membawa beberapa barang tertentu.

Untuk orang Sunda biasanya mereka bakalan membawa pakaian untuk calon pengantin wanita, sirih gambir, model cincin kawin atau cincin tunangan dengan bentuk bulat utuh, sejumlah uang serta ikat pinggang khusus masyarakat Sunda. Bahkan ada pula tahapan yang namanya Nendeun omong sendiri. Inilah prosesi dimana pihak dari pengantin pria mengungkapkan suatu keinginannya untuk melamar si gadis. Saat inilah menjadi moment yang penting sekali sebab pihak si gadis biasanya akan menilai seperti apakah adat istiadat dari keluarga calon pengantin pria.

Maka dari itulah dipilih utusan yang sopan berbicara lemah lembut untuk bisa meminangkan si gadis. Jika tahapan terlewati maka dilanjutkan dengan acara pertunangan. Yang mana keduanya saling tukar cincin tunangan dengan model cincin kawin yang sama.

Model cincin kawin biasanya memang bentuknya bulat utuh seperti pada umumnya. Cincin tunangan ini sebagai pengikat atas keseriusan calon pengantin pria.Tentunya dalam prosesi lamaran ini tukar cincin tunangan sudah menjadi tradisi yang pasti ada pada masyarakat Sunda. Model cincin kawin pun antara kedua pasangan sudah pasti sama atau couple.

Jika sudah terlewati acara selanjutnya yaitu seserahan. Acara yang satu ini dilakukan sekitar 3 atau 7 hari menjelang acara pernikahan. Peralatan rumah tangga, makanan yang masih mentah maupun matang, pakaian dan aneka barang pada umumnya pun diserahkan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanitanya.

Itulah tadi ritual maupun prosesi lamaran yang dilakukan berdasarkan adat Sunda. Memang setiap daerah memiliki adat yang berbeda-beda namun harus tetap kita jaga supaya lebih lestari. Cincin couple masih menjadi peminat para calon pengantin karena makna dari cincin tersebut sangat dalam dan sangat berarti.