Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap

Sholat menjadi salah satu ibadah yang tidak asing bagi umat islam. Bahkan di akhirat kelak, sholat akan menjadi hal pertama yang akan ditanyakan.

Dalam islam, sholat terbagi jadi dua berdasarkan hukumnya. Sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari namun untuk mengerjakannya anda harus tidur terlebih dahulu dan bangun di sepertiga malam.

Sholat tahajud tidak memiliki jumlah rakaat yang tetap, yang penting jumlah rakaatnya genap dan dikerjakan dengan pola 2 rakaat kemudian salam. Selain rakaat dan waktu pelaksanaannya yang berbeda, sama seperti sholat sunnah lainnya, setelah selesai, anda wajib membaca doa setelah sholat tahajud dan artinya. Meski hukumnya sunnah, sholat tahajud ini memiliki banyak keutamaan. Berikut ini keutamaan sholat tahajud!

  • Keutamaan yang pertama adalah, sholat tahajud mampu menjaga kesehatan anda. Rasulullah SAW bersabda, “Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi).
  • Dengan melaksanakan sholat tahajud akan menjaga ketampanan dan kecantikan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).
  • Rutin sholat tahajud juga diyakini dapat meningkatkan produktivitas kerja dan spiritual.  Rasulullah SAW bersabda, “Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata: ‘Malam masih panjang, maka tidurlah.’ Jika orang tadi bangun lalu berzikir kepada Allah SWT, terlepas satu ikatan. Jika dia berwudhu, terlepas satu ikatan yang lainnya. Dan jika dia melaksanakan shalat, terlepas semua ikatannya. Pada akhirnya, dia akan menjadi segar (produktif) dengan jiwa yang bersih. Jika tidak, dia akan bangun dengan jiwa yang kotor yang diliputi rasa malas.” (HR Bukhari).

Meski hukumnya sunnah, namun sholat tahajud memiliki banyak keistimewaan yang sayang jika dilewatkan!